Rabu, 10 Agustus 2011

my experience became ATS THE ESQ WAY 2011

Bismillahirahmanirahim...

Assalamualaikum Bloggers :)
Alhamdulillah gue masih dikasih kesempatan buat sharing tentang pengalaman berharga gue yang maybe nggak bakal gue lupain seumur hidup gue.
gue bakalan cerita tentang pengalaman gue menjadi ATS atau Alumni Trainning Suport, buat yang nggak tau ESQ silahkan buka google terus cari deh,pasti jutaan yang keluar :D.
so, silahkan dibaca :)

Waktu dapet jarkom kalo dibuka OPREC ATS ESQ buat Training Mahasiswa Baru Universitas Indonesia 2011, gue langsung interest banget dan ngepot bales jarkoman,eh nggak beberapa lama gue dapet balesan "Selamat Anda Diterima menjadi ATS ESQ....." sumpah gue girang abis (dan belakangan baru tau kalo semua yang ngirim itu pasti keterima) :D, gue disuruh milih masa bakti tugas antara tanggal 8-9 Agustus 2011 atau 10-11 Agustus 2011, karena sohib sohib gue yang ikutan juga jadi ATS pada milih 8-9 Agustus 201,gue pilihlah tanggal 8-9 Agustus 2011, dan *TRING *VOILA gue resmi jadi ATS.

jadi sebelum masa bakti gue sebagai ATS gue dibriefing dulu sekitar 2 kali ,pertama sekitar tanggal 29 Juli 2011 di FIK UI, disana kita disuruh ngapalin ASMAUL HUSNA, MARS ESQ,joget 7 ksatria ESQ dll. sedangkan briefing kedua diadain di MUI Minggu tanggal 7 Agustus 2011 dan i didn't come because i was sick , padahal disitu diadain semacam Gladi Resik buat hari H,pembagian Block,kapten,PJ konsumsi per block teknis masuk-keluar peserta dll.


* karena sakit gue nggak dateng di hari pertama masa bakti tugas gue yaitu tanggal 8-Agustus-2011, i swear, i'm very dissapointed :(

akhirnya dengan izin Allah swt karena sebelumnya tiap solat gue berdoa semoga dikasih kesempatan buat jadi ATS ,berangkatlah gue menuju Balairung-Universitas Indonesia tepat pukul 05.30 WIB , karena gue masih kurang sehat gue pergi ke tempat tujuan mengendarai mobil. *hot. gue sampe disana sekitar jam 06.00, dan VOILA* ternyata gue salah kostum sodara sodara, gue sendirian pake jeans disitu padahal almost all of them pake rok atau celana bahan. *nangisbombay . gue berlagak sok cool aja, kenalan sana sini, buhahahahahahhahahaha... tapi bener deh belum mulai tugas aja gue udah dapet kurang lebih 3 temen baru,gimana udah tugas... *joget.tapi agak kesel juga soalnya karena hari pertama gue nggak dateng jadinya gue ga kebagian nametag ATS (menguji keikhlasan gue banget hahahahahhahaha) sekitar 06.15 gue masuk ke Balairung UI buat briefing sebelum training di mulai.

waktu gue masuk Balairung ada satu pemandangan yang buat gue tersentak dimana ada salah satu peserta yang (maaf) cacat dan duduk di kursi roda,dia dateng paling pertama, sekitar jam 06.15 padahal maba baru disuruh kumpul jam 07.00 ,subhanallah,dengan keterbatasan fisiknya dia punya semangat buat ikut ESQ  yang mungkin semangatnya jauh lebih besar dari temen temennya yang normal dan tidak ada keterbatasan suatu apapun.

gue dibriefing dulu sebelum nugas, dikasih tau apa aja yang harus dikerjakan, tempat maba keluar dan maba masuk pas break pagi,siang,sama sore. btw gue kasih dulu ya dalam satu block itu dihuni 3 ATS yang memiliki jabatan sebagai kapten block, PJ konsum dan Staff. gue sendiri dapet amanah jadi PJ konsum block 7, and FYI 1 block itu bisa buat 130 peserta.


awal jaga gue udah disuruh keluar buat bantuin gunting guntingin kertas bakal games simulasi peserta,terus disuruh ke backstage buat masukin tisue ke dalam amplop buat games "semir sepatu" yang udah pernah ikut pasti tau :D, karena peserta yang hadir di hari itu 2050 jadilah gue dengan sabarnya masukin tisue ke amplop dengan dibantu sekitar 10 orang ATS lainnya, tapi sumpah loh itu capek :D, tapi fun soalnya kita ngerjainnya sambil ngerumpi,mulai ospek jurusan sampe ngobrolin Shinee , karena backstage itu ada di belakang layar,lebih tepatnya diatas panggung Balairung,karena layar ada didepan panggung,jadi gue ngerasa banget efeknya waktu training berlangsung *JEDAR JEDER* (biasalah ya efek efek sedikit lebay yang bisa bikin orang jantungan. tapi ntah kenapa ya gue selalu tersentuh loh tiap denger apa yang diomongin trainernya,padahal gue udah 2 kali ikut training ginian ,ampe hafal :D. ada satu topik dimana berbicara soal THE MOST PEOPLE WHO GIVING MUCH INFLUENCE IN THE WORLD , and THE WINNER is .... our prophet MUHAMMAD saw, (yang ini bakal gue bahas dipostingan gue berikutnya,semoga gue masih diberi umur amin) :). after masukin tisue ke amplop terus ngepak,ngepak-in, masuklah break siang,gue ditugasin buat jaga tempat wudhu maba didepan biar maba nggak pada seliweran asal masuk sama keluarnya, mumpung masih ada waktu, gue sempet sempetin deh memperpanjang kartu ESQ gue waktu jaman SMA,alhamdulillah sempet :)

penampakan


habis memperpanjang kartu gue bersama 5 ATS yang lain solat zuhur dulu sebelum ngatur Maba yang mau pada wudhu ,habis solat tak lupa kami bernarsis ria dulu :


perjuangan belum selesai , habis ngurusin maba wudhu, gue disuruh ke backstage buat games simulasi peserta yaitu 'balap balon", gue disuruh ngebagiin balon ke peserta yang nantinya ditiup dan dilepasin, yang menang yang duluan nyampe finish, setelah itu gue boleh balik ke haribaan gue yaitu block 7. 1 hal yang buat gue mau mati waktu duduk di block adalah teriak pekik UI hampir nggak keitung banyaknya, teriak KSATRIA ESQ ,padahal tenggorokan gue kering nggak ketulungan. it's oke it called totality. gue sempet disuruh maju kedepan buat Joget apalah twuiness (gue lupa tulisannya),pokoknya lagunya gini :

tangan didepan kebelakang,depan belakang lalu goyangkan
gerakan tanganmu dan berputarlah
gampangkan caranyaaaa.....

nggak tau kenapa gue girang banget joget beginian (mental bocah)

habis joget ini gue bareng ATS lainnya berangkulan sambil bawain lagunya crisye-damai bersamamu,subhanallah badan gue bergetar, after that kita disuruh saling salam semut (cipika cipiki dan mendoakan semoga sahabat kita selamanya,dunia-akhirat) sumpah gue pengen nangis banget disitu,badan gue bergetar,yaAllah betapa besar nikmatmu.
habis joget joget gue harus kembali bertugas , yaitu.... ngepack in makanan ==". sumpah ini paling gue nggak suka,kenapa ? karena lagi puasa dan itu menggoda iman hahahahahahhahahaha... sebenarnya bukan masalah makanannya tapi lebih ke "minum" nya. karena menurut gue menahan haus itu jauh lebih sakit.makanan yang harus di pack-in itu sekitar 2200 pack, 1 pack terdiri dari makanan yang waktu itu Bolo-bolo plus air minum.

habis ngepack in,gue ready buat nyetok teh sosro sama jelly bakal ta'jil buat peserta ke block gue, di block gue sendiri ada sekitar 104 orang, kalo dibagi bagi sekitar 4 kotak teh sosro plus 1,5 kotak jelly ,gue berdua sama temen gue ngangkat masuk ke block gue (untungnya ga jauh). after that gue harus standby ke meja registrasi karena konsumsi sama sertifikat dibawa barengan, dan DAMN it ! nya gue harus kerjasama sama M*NWA, yang udah tau diem aja ya :D , dari jaman gue jadi Maba gue sensi banget sama makhluk berbaju hijau yang sering gue sebut "lontong" ini,karena kenapa ? mereka itu sok,sok Disiplin,Sok ngatur,dan Sok tau . dan itu terbukti waktu pembagian sertifikat dan konsumsi,ATS konsumsi udah stay disana ,dan lontong itu belum stay di meja registrasi, akhirnya setelah pintu keluar maba di buka,mereka pada ke meja registrasi dan riweh pada ngambilin sertifikat mereka sendiri, tiba tiba ada 1 lontong dateng dan dia riweh sendiri, dan dengan seenaknya ngebawa itu segepok sertifikat ke belakang karena meja registrasinya "gelap". makin riwehlah keadaan. berasa ga punya wewenang,gue diem aja sembari ngebagiin konsumsi ke maba ,rasanya pengen banget gue teriakin tuh ke si lontong "LEMAH LO LEMAH" hahahahahhahahahaha... but alhamdulillah semua keriwehan itu terbayar dengan sebungkus bolo-bolo,aer putih, dan jelly jelly :),makan bareng ATS di balairung sambil ngegosip lontong ganteng tapi playboy hahahahhahahahahaha... kayaknya capek akibat kerja keras seharian terbayar dan hilang waktu ngumpul dan sharing bareng,tukeran FB,tukeran twitter,tapi karena nggak banyak waktu karena udah malem gue lupa minta nomor handphone mereka T.T. after briefing ATS kita sempet foto bareng sama kak agung,kak ridwan mukri,kak Taufik... terus kita foto foto deh huhehehehehehehehehhe.... CEKIDOT !



ATS ESQ FISIKA UI 2010 bersama kak Ridwan Mukri.
but lelah,capek,pegel pegel,amarah hari itu bener bener sirna dengan pengalaman,pelajaran,teman baru,saudara baru, pelajaran tentang leadership totalitas, koordinasi,dan KEIKHLASAN,thankyou THE ESQ WAY 165,thankyou ATS ESQ Maba UI 2011 gelombang 1.
MAJU KSATRIA ATS ESQ 
GO ,FIGHT,WIN ! 
 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar